Jumat, 31 Mei 2013

Asal - Usul musik Jazz

Musik Jazz berasal dari blues, lahir di Amerika dimulai dari bermigrasinya kebudayaan Eropa ke benua baru Amerika pada abad ke-18. Pada saat eskploitasi dimulai dengan menggunakan tenaga manusia yang diambil dari benua Afrika. Mereka diperlakukan sebagai budak.

Penderitaan yang dialami para budah Afrika diekspresikan dalam bentuk bunyi atau suara, di mana pada saat itu mereka tidak diperbolehkan berkomunikasi. Rintihan bunyi dan suara mereka itulah yang disebut dengan "Blues" atau "Rintihan Kesedihan".

Lalu bagaimana blues menjadi suatu pola permainan melodi? Ini terjadi akibat pengaruh budaya musik Eropa yaiuty harmoni musik klasik yang akhirnya menjadi melodi blues yang dikenal dengan blue note atau pentantonik blues. Akhirnya blues berkembang dan melahirkan musik jazz.

Di dalam musik jazz itu sendiri banyak berbagai cabang seperti Swing, Dixiland, New Orleans, Bebop, Bossanova, Fusion, Pop Jazz, Rock Jazz.

Gitar merupakan instrumen yang penting dalam musik Jazz. Diawali dengan banjo dan berakhir pada tahun 30-an kemudian digantikan oleh gitar. Hal itu terjadi setelah musisi memerlukan ritem akord yang lebih lembut dan tenang.

3 Unsur musik Jazz:
1. Ekspressi
2. Harmony
3. Progressi

sumber:
http://lagudankuncinya.blogspot.com/2013/01/asal-usul-musik-jazz.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar